Selasa, 26 Januari 2016

PHISING


Phising adalah proses dimana pelakunya sebagai entitas resmi (mempunyai kuasa) dan mencoba untuk memperoleh rincian penting mengenai pribadi seseorang seperti username, password,  nomer kartu kredit, nomer jaminan social, alamat rumah, nomer telpon, dan lain-lain. Phising dikenal juga sebagai aksi penipuan online untuk mencuri data-data penting seseorang. Phising biasanya menyebar melalui email yang mengatasnamakan sebuah perusahaan ternama, dimana kita akan mendapatkan link dan mengarah ke sebuah situs palsu dan kita diminta menginputkan username, password serta data penting lainnya.
Dalam pemberian informasi pentin, umumya korban tidak menyadari telah  memberikan semua informasi yang dibutuhkan untuk membajak rekening anda  atau mencuri uang anda atau mungkin melakukan pembelian kredit atas nama anda.
Konsep dibalik serangan ini sederhana dimana PHISER menyamar sebagai orang lain dalam upaya mendapatkan informasi sensitif pribadi calon korban termasuk menyamar sebagai instansi perbankan, penyedia applikasi, pedagang online, layanan pembayaran online dan bahkan Pemerintah dengan membuat email palsu yang bisa terlihat sangat meyakinkan.
Langkah untuk menghindari serangan PHISING :
1.      Jangan pernah membalas email yang mencurigakan apalagi memasukkan sandi pada situs yang mencurigakan atau tidak anda percayai serta mengirimkan password dan data pribadi penting anda melalui email.

2.      Jika anda menerima permintaan informasi sensitif, buka jendela browser baru dan pergi kesitus organisasi dengan mengetik alamat website organisasi untuk meyakinkan bahwa anda sedang berhadapan dengan situs organisasi real dan bukan dengan website phiser.

3.      Jangan pernah membuka situs yang mencurigakan atau tidak anda percayai.

4.      Berhati-hati terhadap tawaran yang fantastis yang tampaknya terlalu mudah untuk menjadi kenyataan, ini  mungkin PHISER.

5.      Gunakan browser yang memiliki filter phising yang akan membantu anda mengetahui serangan phising potensial. Alamat situs yang aman dimulai dengan "https://" dan menampilkan icon Gembok terkunci diperamban anda.
Untuk mencegah terjadinya aksi phising, jangan buka email yang menyertakan Link mencurigakan dan sebaiknya langsung hapus saja email tersebut. Pastikan tandai spam email tersebut untuk menghindari masuknya emaik ke dalam inbox lagi. Selamat beraktivitas internet secara sehat !!!

contoh phising facebook

 daftar pustaka: http://vendryfranandha.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar