Selasa, 26 Januari 2016

SPAM

SPAM adalah pesan dalam jumlah banyak yang kerap masuk secara bertubi-tubi ke dalam mailbox tanpa kita kehendaki yang dikirim melalui media elektronik. Tindakan spam disebut dengan spamming sedangkan orang yang melakukan spam disebut spammer. Sekarang kegiatan SPAM bukan hanya terjadi pada email saja melainkan sudah merambah ke blog/situs lewat komentar, pendaftaran dsb. Banyak komentar yang mengarahkan URL tertentu, kata-kata kasar, porno dan sebagainya.
Contoh yang paling sering adalah pada blog dengan pembahasan tertentu seperti kesehatan, tetapi muncul sebuah berita atau postingan yang mempromosikan produk tetapi tidak berhubungan dengan kesehatan. Pada umumnya Spam hanyalah berisi berita yang tak berguna dan juga promosi-promosi produk (orang jualan).
Spam Email
Bila Anda pengguna Yahoo Mail! pastinya sudah tidak kaget dengan opsi menu Spam. Posisinya berada di bagian bawah setelah kotak masuk dan kota keluar. Menu tersebut cukup cerdas yakni untuk menyaring berbagai pesan yang masuk, karena Email adalah fasilitas internet yang rawan akan Spamming. Setiap penyedia layanan Email baik Yahoo dan Gmail memiliki sistem otomatis yang akan membantu mendeteksi pesan spam dengan mengidentifikasi virus serta pola pesan yang dianggap mencurigakan.
Sebagai contoh Spam adalah berisi iklan, undian, informasi palsu, promosi barang, phishing, penipuan, dan lain-lain. Tidak hanya itu saja, sebuah email kosong atau yang tidak berisi apa-apa pada subjek maupun badan pesan juga bisa diklasifikasikan sebagai pesan spam. Penyebar spam kosong semacam itu biasanya terjadi karena tidak sengaja atau karena kesalahan lain, atau mungkin bisa juga ada tujuan tertentu.
Spam Facebook
Dalam Email mungkin Spam hanya sebatas penerimaan pesan yang tidak dikehendaki atau pesan yang berisi informasi tidak penting saja. Dalam media sosial seperti Facebook kegiatan Spamming ternyata lebih variatif karena ada banyak fitur Facebook. Sebagai contoh adalah komentar-komentar aneh yang masuk ketika kita menuliskan sebuah postingan.
Komentar tersebut biasanya dihadirkan dengan bantuan v-bot atau komentar otomatis melalui perangkat lunak tambahan. Kemudian yang sedang populer adalah Spamming dalam bentuk menandai foto, padahal tidak ada hubungannya dengan Anda. Atau mungkin penandaan terhadap sebuah kiriman tautan yang lagi-lagi aneh tujuannya. Jika sudah begitu kejadiannya, cara terbaik adalah dengan melaporkannya. Dalam sebuah postingan baik status maupun gambar, Facebook menyediakan menu “Laporkan”. Klik dan pilihlah opsi “ini Spam” atau “Ini foto Spam”. Tunggu sampai Facebook menanggulangi.
Spam Blog
Bagi blogger, aktivitas Spamming sudah menjadi hal yang tidak mengagetkan lagi. Tindakan tersebut dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab yang hanya ingin mendapatkan keuntungan pribadi. Biasanya Spam Blog semacam ini mengambil keuntungan dari fasilitas komentar terbuka dalam sebuah blog. Isinya sudah pasti tidak ada hubungannya dengan pembahasan dan konten blog.
Cara mengatasi Spam blog masuk adalah dengan menempatkan Captcha, menambahkan Check box, dan trik lainnya. Atau jika sudah masuk mungkin bisa dilakukan penghapusan secara manual. Tentunya masih banyak Spam pada layanan internet lain, selain ketiga layanan diatas.
 

daftar pustaka : www.bangapin.com dan http://tulisbaca.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar